MALANG # PART 4 (RAMADHAN PERTAMA)

9:59:00 PM


Assalamu'alaikum.

Apa kabar? Semoga sehat selalu dan lancar puasanya, ibadahnya, dan upayanya dalam mengejar Lailatul Qadar yang sebentar lagi insyaAllah akan datang. Hehe. Btw ini nulisnya 11 hari sebelum Ramadhan usai, tapi baru di-publish hari terakhir Ramadhan. Hm, yasudah mungkin alurnya bakal maju-mundur-syantik ea. #terserah

Alhamdulillah, ini kali pertama aku puasa di tanah rantau, jauh dari keluarga, tepatnya di Malang. Rasanya... biasa aja sih. Tapi tetap kerasa perbedaannya. Terutama saat sahur dan buka puasa. Dulu saat sahur ada yang bangunin sejam sebelum imsak. Jadi bisa sholat malam terus bantu ibu masak. Sekarang, bangun sepuluh menit sebelum imsak aja alhamdulillah wkwk. Ga sempat masak tapi sempat keluar kossan untuk beli makan. Yap, ini juga kali pertama aku beli makan di luar saat jam 3 pagi! Jam segitu disini ramai banget, banyak warung makan yang buka, jadi keluar sendiri juga insyaAllah aman. Mesen go-food juga bisa. Cuma ya gitu tetap kangen masakan rumah yang enak dan sehat. Kalau disini, kadang kalau sudah jam 3:45 pagi, di warung makan lauknya sudah tinggal rempah-rempahnya perkedel.

Oya, disini waktu sholatnya lebih maju setengah jam. Pengalaman hari pertama puasa disini begitu wakwaw. Saat itu aku lagi nginep di kossan Ista. Setelah sholat tarawih, aku dan Ista belanja ke Supermarket di sebuah mall. Kami beli berbagai buah terutama kurma untuk mempersiapkan Ramadhan kedepannya. Malam itu juga kami beli berbagai lauk pauk untuk sahur. Ada kikil, opor ayam, orek tempe, dll. Pokoknya makanannya sudah siap, tapi sepertinya jiwa kami belum siap menghadapi Ramadhan wkwk. Besoknya, kami bangun jam 4:21 pagi which is adalah sudah selesai adzan Subuh. Rasanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...... ingin teleportasi ke Cilegon. Disana pasti belum Subuh, imsak aja mungkin juga belum. Tapi ya sudah, ga masalah, yang penting tetap niatnya kan :)
Kemudian hari-hari tanpa sahur terulang kembali di beberapa hari kemudian. Tapi yasudah, mau gimana lagi. Toh udah biasa juga sehari tanpa makan. Nyah.

Oh, ada yang beda juga. Biasanya kalau di rumah, menjelang buka puasa di dapur pasti sibuk banget. Ada eyang putri lagi masak, Ibu menyiapkan takjil untuk karyawan toko, sedangkan aku dan adikku bereksperimen masak entah apa itu. Tapi lebih banyak adikku yang masak sih wkwkwk. Aku yang kena semprot omelannya. Nah, kalau disini. Mau masak, tapi di tempatku agak tidak mendukung untuk memasak (aka mager). Jadi kadang pulang kuliah ngabuburit sendiri di sekitar kossan buat beli takjil, habis itu nunggu buka puasa sambil baca, nonton, atau ngerjain tugas. Kadang juga ngantuk terus ketiduran. Tau-tau udah maghrib. Gitu terus.

Ramadhan ini.. menyenangkan sekaligus menyedihkan sih menurutku. Menyenangkan karena ini Ramadhan pertamaku bersama teman-teman baru. Teman-teman di Malang. Sudah hampir beberapa hari ini setiap buka puasa selalu bersama teman-teman. Makanannya juga enak-enak. Tapi ada satu yang kadang aku lupakan. Yaitu ibadahku. Kadang terlalu sibuk dengan tugas kuliah atau kepanitiaan, akhirnya aku menomorduakan kegiatan ibadahku. Sedih yha, pake banget. Tapi tetep ga boleh nyesel kan ya, insyaAllah masih sisa 11 hari lagi. Semoga Allah masih mengizinkan kita untuk berupaya memperbaiki Ramadhan tahun ini agar lebih baik dari sebelumnya. Aamiin.

Jadi rasanya gimana Ramadhan di tanah rantau? Senang, haru, syukur, alhamdulillah. Selalu ada gantinya yang lebih baik, selalu ada keberkahan yang Allah selipkan melalui nikmat-nikmat-Nya. Walaupun sendiri, tapi tidak mengurangi nikmat-Nya sedikitpun. Mungkin jauh dari keluarga, tapi Allah gantikan dengan teman-teman di Malang yang sama hangatnya seperti keluarga. Kuliah juga tetap jalan seperti biasanya. Kepanitiaan mungkin tidak se-hectic hari biasa, tapi tetap tugas-tugas mengalir apa adanya. Ramadhan ini juga aku banyak belajar bersabar disini. Kadang ada aja perasaan rindu rumah, pengen pulang, tapi hiyaak sabar, sebentar lagi pulang kok. :")

--skip, 11 hari kemudian. Tibalah di penghujung Ramadhan. Yaitu, hari ini.
Alhamdulillah sekarang sudah di Banyuwangi, tempat lahirku dan tempat kembaliku saat mudik.
Di penghujung Ramadhan ini alhamdulillah aku masih mendapat kesempatan untuk buka puasa bersama keluarga, setelah hari-hari sebelumnya hanya bisa menumpuk rindu akan berbuka bersama ayah, ibu, dan Zuhair. Alhamdulillah juga liburan kali ini cukup berfaedah. Apa faedahnya?

Ketika habis sahur ngantuk banget, tapi sadar tempat karena ini bukan di kossan jadi ga bisa tidur lagi abis subuh.

Ketika mau mandi jamak pas dzuhur, tapi sadar diri ketika neneknya udah mandi subuh-subuh, masa cucunya belum mandi.

Ketika gabut ga tau mau ngapain, tapi bawang, sayur, udang, dll menunggu untuk dikupas, dibersihkan, dan digoreng.

Dan ketika tau ini waktu libur, tapi status ke-mahasiswa-an kita tetap terlekat erat di jiwa kita (ewh), maka kita tidak bisa melupakan begitu saja atas tugas liburan kita (a.k.a masih ngerjain tugas, masih sibuk di depan laptop, masih sempet-sempetnya begadang demi tugas tercintah). Alhamdulillah yha.

...yak, tidak terasa Ramadhan sudah berlalu begitu saja, hiks. Semoga kita masih diizinkan oleh Allah untuk bertemu Ramadhan selanjut-lanjutnya. Semoga bulan Ramadhan tahun ini membawa berkah dan perubahan yang lebih baik untuk bulan-bulan kedepan. Aamiin. Dan alhamdulillah besok tibalah hari kemenangan kita semua. Maka dari itu, kami segenap anak rantau yang akhirnya bisa kembali ke rumah pada waktunya...
...mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Mohon maaf lahir dan batin.
See you on the next post--kalau ga mager. Hehe.




See you, too, when i see you.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe